Penyebab Diabetes Dan Juga Cara Mencegahnya



Penyebab diabetes selalu menjadi tanda tanya bagi banyak orang. Diabetes atau biasa dikenal dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, dan berisiko kematian.

Sesuai dengan pernyataan World Health Organization (WHO), diabetes menduduki peringkat ke enam sebagai penyebab kematian di dunia. Hal ini jelas menunjukkan betapa bahayanya diabetes bagi Anda yang berpotensi atau penderita.

Diabetes merupakan penyakit kronis dengan kadar gula tinggi. Hal itu disebabkan oleh kelainan metabolic, kurang mampunya pankreas dalam memproduksi insulin dan tidak mampu memanfaatkan insulin.

Tanda sederhana dari penyakit diabetes adalah turunnya berat badan, sering merasa haus, sering merasa lapar, dan sering kencing. Gejala ini dapat berkembang dengan cepat yang akan menjadi tanda serius pada penyakit diabetes, antara lain pandangan mata mulai kabur, lambatnya penyembuhan luka, sakit kepala, dan gatal-gatal. Seringkali diabetes menyerang karena kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan, berikut 5 penyebab diabetes dan cara mencegahnya:

1. Pola Makan

Pola makan yang buruk akan membuat Anda semakin berisiko terkena diabetes, misalnya dengan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food. Tidak hanya diabetes, namun pola makan buruk akan mendekatkan Anda ke berbagai macam penyakit kronis lainnya.
Untuk itu sangat penting memperhatikan pola makan sehat dan menjauhi kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan memiliki gizi seimbang seperti buah dan sayur. Hindari apapun yang mengandung gula.

2. Malas Beraktivitas

Bagi Anda yang jarang beraktivitas fisik atau memang memiliki rasa malas, Anda harus memulai gaya hidup baru dan menghilangkan rasa malas. Karena dengan aktivitas minim dapat memicu Anda terserang diabetes.
Word Health Organization (WHO) menganalisis, kasus diabetes di negara Asia akan melonjak 90 persen untuk 20 tahun ke depan. Kesimpulan dari WHO adalah mereka yang sedikit beraktivitas akan memiliki risiko tinggi terkena obesitas. Nah obesitas ini suatu kondisi dimana berat badan berlebihan dan mampu mencegah respon insulin pada tubuh Anda.

3. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab diabetes. Selain menyebabkan penyakit jantung, rokok dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh Anda dan juga berpengaruh pada produksi insulin. Sebuah penelitian di Amerika mencatat, perokok aktif berisiko diabetes dengan presentase naik sebesar 22 persen. Penelitian itu juga mengatakan penyebab diabetes bukan hanya rokok, tetapi gaya hidup tidak sehat seperti kurang makanan sehat dan berolahraga.

4. Begadang

Begadang sering dilakukan bagi orang dengan jadwal aktivitas yang padat. Begadang juga sering dilakukan oleh kaum remaja dengan aktivitas kurang penting, seperti main game, kartu, atau hanya sekedar nongkrong di cafe bersama teman.
Namun tahukah Anda? bahwa begadang ini akan memicu perubahan hormon tubuh, dan juga insulin pengatur gula darah. Jadi begadang yang menyebabkan Anda kurang tidur ini sangat tidak disarankan untuk diterapkan dalam gaya hidup.

5. Stres Terus-menerus

Stres menjadi penyebab diabetes, karena dalam kondisi ini tubuh Anda meningkatkan produksi hormon kortisol dan epinephrine sehingga kadar gula darah naik dan terus dipicu selalu tinggi. Biasanya, ketika stres terjadi Anda akan memilih cemilan atau makanan manis untuk meredakannya. Ini sangat memungkinkan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak. Hal tersebut semakin memicu risiko diabetes semakin tinggi.

Cara Mencegah Diabetes


Cara mencegah dengan mengurangi porsi ketika makan merupakan tindakan ampuh dan memiliki pengaruh besar untuk mencegah diabetes

Berat badan yang berlebih akan membuat risiko Anda terkena diabetes semakin tinggi, karena dapat menyebabkan obesitas dan menyumbat respon insulin pada tubuh. Jadi dengan menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal merupakan salah satu cara untuk menjauhkan diri Anda dari penyakit diabetes kronis.

3. Mengonsumsi banyak sayuran

Usahakan Anda mengonsumsi sayuran lebih banyak, karena dengan mengonsumsi sayuran dapat membantu dalam menjaga berat badan tetap ideal. Berbeda dengan daging yang memiliki kadar lemak lebih. Mengonsumsi daging setiap hari tidak disarankan jika Anda ingin terhindar dari diabetes, perbanyaklah konsumsi sayuran.

Kondisi stres dapat berpengaruh kepada diabetes, karena stres menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Jika terjadi stres berlebih terjadi pada diri Anda, kadar gula darah juga akan naik secara terus-menerus. Untuk itu, kurangi stres, dengan cara memperbanyak yoga, latihan pernapasan, atau mungkin melakukan meditasi yang dapat menghilangkan stres, dan banyak istirahat. Usahakan Anda bisa tidur dalam kondisi yang nyenyak.

5. Olahraga

Manfaat olahraga untuk menghindari diabetes sangat besar. Dengan olahraga setiap hari akan menjaga berat badan tetap ideal dan sehat. Olahraga membantu menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensivitas insulin. Jadi, sempatkan waktu selama minimal 30 menit untuk berolahraga, agar menjaga kadar gula Anda tetap normal.

Posting Komentar

0 Komentar